Senin, 15 Juni 2009

Abstrak Proses Belajar Matematika Pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga Pada Kelas Akselerasi

ABSTRAK
DOWNLOAD LENGKAPNYA

Ida Nurmila Isandespha (031414025). 2007. Proses Belajar Matematika pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga yang Dialami Siswa Kelas X Program Percepatan Belajar di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar yang dialami siswa kelas X Program Percepatan Belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif, dimana data yang dikumpulkan bersifat kualitatif tentang proses belajar matematika di kelas Program Percepatan Belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas X Program Percepatan Belajar yang terdiri dari dua orang siswa putra dan dua orang siswa putri yang dipilih dengan pertimbangan subjek dapat mewakili kelas. Proses pengumpulan data dilaksanakan dari tanggal 02 Februari 2007 sampai dengan 16 Februari 2007 pada kelas X Program Percepatan Belajar SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan perekaman terhadap proses belajar yang terjadi di kelas Program Percepatan Belajar dengan menggunakan handycam dan taperecoder, agar data yang terkumpul menjadi lengkap ada seorang observer yang mencatat proses belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan melakukan prosedur : (1) transkripsi data rekaman video, (2) menentukan topik-topik data, (3) menentukan kategorikategori data.

Hasil penelitian berupa deskripsi mengenai proses belajar matematika siswa Program Percepatan Belajar. Proses belajar siswa kelas X Program Percepatan Belajar berupa kegiatan siswa untuk memahami materi pelajaran, memecahkan masalah, dan mengerjakan latihan soal. Kegiatan yang dilakukan siswa untuk memahami materi pelajaran yaitu siswa memperhatikan guru pada saat guru membahas materi pelajaran, bertanya mengenai hal yang belum siswa pahami, dan berdiskusi untuk membahas materi pelajaran. Untuk memecahkan masalah atau mengerjakan latihan soal siswa berdiskusi, bertanya, atau melakukan perhitungan. Siswa memanfaatkan bahan belajar yang ada seperti buku paket, LKS, media pembelajaran flash, dan benda-benda sekitar untuk memahami materi pelajaran dan untuk memecahkan masalah atau mengerjakan latihan soal. Dengan pengetahuannya siswa cakap menganalisis masalah yang diberikan oleh guru. Dalam proses belajar siswa aktif dalam mengungkapkan pendapatnya dan siswa dapat bekerja sama secara positif. Interaksi antara siswa dengan siswa lain, siswa dengan guru ataupun siswa dengan kelompoknya dapat berlangsung secara harmonis sehingga mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Pada saat mengerjakan soal ujian siswa berfikir dengan serius dan dengan penuh percaya diri siswa menyelesaikan sendiri pekerjaannya.

Kata kunci yang berkaitan dengan skripsi : proses belajar, program percepatan belajar, dan Ruang Dimensi Tiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar